Curup Buluh 7 Tingkat: Air Terjun yang Bersahabat

Kabupaten Lahat telah lama dikenal sebagai kota seribu curup (curup artinya air terjun). Salah satu curup yang ramai dikunjungi adalah curup Buluh. Nama lengkapnya curup Buluh Tujuh Tingkat.

Kenapa namanya curup Buluh 7 tingkat? Karena susunan batuan di air terjun ini membuatnya berundak-undak, bertingkat-tingkat hingga 7 susunan. Nah, agar tak penasaran, mari kita simak liputannya.

Curup Buluh yang Bersahabat

Mungkin tidak berlebihan bila Lahat disebut memiliki 1000 curup. Karena faktanya, dapat dengan mudah kita temui air terjun di kawasan ini.

Hal ini antara lain karena kontur wilayahnya yang berbukit-bukit. Dan dilalui oleh sungai besar bernama sungai Lematang.

Namun sayangnya tidak semua curup mudah diakses (seperti misalnya curup Maungbaca juga artikelnya). Dan oleh karenanya menjadi kurang populer di kalangan turis.

Pengecualian untuk curup Buluh karena air terjun 7 tingkat ini termasuk bersahabat untuk dikunjungi.

Baca juga artikel kami tentang Grand Canyon versi Lahat: Green Canyon

Perjalanan Naik Turun Bukit di Gumay Ulu

Untuk mencapai curup Buluh, kita harus berkendara sejauh 30 kilometer lebih ke arah Pagar Alam, melalui jalur Gumay Ulu.

Jalanan yang dilalui akan berbukit-bukit dan berkelok-kelok. Dengan beberapa titik di antaranya mengalami kerusakan (per April 2019).

Jalur ini sebetulnya menghubungkan antara Pagar Alam (baca juga artikel lokasi wisata di Pagar Alam) dan Lahat. Meski demikian, tidak banyak kendaraan yang melintas.

Setelah berkendara sekitar 45 menit, sampailah kita di desa Lubuk Selo, kecamatan Gumay Ulu.

Ada persimpangan besar dengan penanda di tepi jalan – anda takkan terlewat. Selain itu, air terjun Buluh 7 tingkat ini juga sudah masuk di peta Google.

Akses Masuk Curup Buluh

Harus kami akui, di antara objek wisata lain di Lahat – dan juga Pagar Alam – curup Buluh memiliki pengelolaan yang cukup baik.

Mereka memiliki lokasi parkir yang memadai. Beberapa warung penjaja makanan dan minuman. Bahkan sebuah Menara pandang di dekat lokasi parkir.

Jalanan menuju lokasi sudah berupa tangga permanen. Ini hal yang cukup langka di Lahat maupun Pagar Alam. (baca juga: sulitnya akses menuju curup Goa Mata, curup mitos di Lahat)

Bagi anda yang tidak mau berjalan kaki, terdapat pula sebuah jalan aspal yang biasa dilalui kendaraan roda dua. Anda bisa menyewa ojek untuk turun ke lembah ataupun sebaliknya.

Pesona Air Terjun 7 Tingkat di Lahat

Perjalanan menuju curup Buluh memakan waktu 30 menit berjalan kaki. Lumayan menguras tenaga karena tanjakannya cukup curam di beberapa titik.

Namun lelahnya perjalanan akan terbayarkan dengan moleknya curup 7 tingkat ini.

Dengan ketinggian sekitar 40 meter, dan susunan batu yang berundak-undak, diselingi oleh beberapa tanaman air di sela bebatuan yang kian mempercantik pemandangan. Di sekitar curup, terdapat lapangan yang cukup luas. Terdapat pula beberapa jembatan buatan dari kayu untuk lokasi berfoto bagi pengunjung.

Aliran sungainya termasuk kecil saat kami berkunjung. Ia mengalir melalui sebuah sungai kecil sebelum akhirnya bertemu dengan aliran sungai besar yang tak kalah jernih dengan sungai di curup Maung.

Lokasi Kemah dan Arung Jeram di Sekitar Curup Buluh

Yang cukup mengejutkan kami, di bagian dasar dari air terjun Buluh, tepatnya di sebuah tanah lapang, ternyata juga dipergunakan sebagai areal berkemah. Beberapa kamar mandi semi permanen terdapat juga disini. Selain juga sebuah musola dan beberapa pondokan.

Pada waktu-waktu tertentu juga terdapat fasilitas arung jeram bagi pengunjung yang berminat.

Waktu Terbaik Berkunjung

Terlepas dari akses yang sebetulnya cukup mudah, kami menyarankan waktu kunjungan pada musim kemarau. Antara pukul 08.00 – 11.00 WIB. Pada sore hari kawasan ini sering diguyur hujan.

Dan pada malam hari, perjalanan kembali menuju Lahat atau Pagar Alam melalui Gumay Ulu tidak menyenangkan karena gelap, sepi, dan jalanan yang berkelok-kelok menyulitkan untuk dilalui. Apalagi belakangan kerusakan jalan lumayan parah untuk dilalui.

Meski demikian, lokasi ini terbilang aman. Baik menuju Lahat maupun Pagar Alam.

Tips Sebelum Menuju Curup Buluh

Persiapkan pakaian dan alas kaki yang tepat. Karena perjalanan cukup melelahkan.

Jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup untuk perjalanan. Karena di bagian bawah curup belum tersedia warung apalagi tempat makan.

Perjalanan pulang ke arah Lahat pada sore hari akan melewati objek wisata lain, yaitu Bukit Selfie. Yang bila cuaca cerah, akan sayang untuk dilewatkan.

2 thoughts on “Curup Buluh 7 Tingkat: Air Terjun yang Bersahabat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *