Bagaimana Dokter Jaga Bisa Tetap Sigap di Tengah Malam?

Segmen ini diambil dari jawaban-jawaban saya (Krisna Adhi) di id.quora.com. Dengan pertanyaan asli: “Bagaimana cara dokter rumah sakit ketika mendadak ada pasien yang datang pada malam hari sehingga mudah sigap dan cepat menghilangkan rasa kantuknya?”

Silakan ajukan pertanyaan kalian dengan bergabung di id.quora.com.


Jarum jam menunjukkan pukul 1 dini hari. Suasana mulai sepi di IGD, kekacauan yang sebelumnya terjadi mulai terurai jelang tengah malem. Dan semuanya kembali seperti nggak pernah ada apa-apa.

Si dokter jaga baru aja tertidur sekitar 1 jam sebelum suara perawat membangunkannya: “Dok, ada pasien kejang, katanya udah setengah jam lebih!”

pasien baru

Bahkan dalam mimpi paling liar sekalipun, saya gak pernah jaga pake dasi!

Dalam sekejap si dokter bangun dan ngantuknya ilang, jatah tidurnya juga ikut ilang. Keliatan ajaib? Nggak juga. Kalau kalian ada di posisi yang sama kayak si dokter, ngantuknya juga bakalan ilang kok.

Sebabnya bukan seliter kopi yang dia tenggak. Juga bukan pengaruh obat-obatan. Bukan juga karena saking ahlinya jaga IGD.

Melainkan udah ada secara alami di dalem tubuh kita, tepatnya menempel di pucuk kedua ginjal: kelenjar Adrenal.

Salah satu produk yang dihasilkan kelenjar itu ya Adrenalin. Kalian pasti pernah denger yang namanya Adrenaline Rush, ya itulah jawabannya.

Urutan cara kerjanya seperti ini: (1) kedatangan pasien jelek (kondisinya, bukan mukanya) membuat si dokter waspada – mungkin juga sedikit stres; (2) persepsi stres ini diteruskan dari Amygdala ke Hipotalamus; (3) melalui sistem saraf simpatis, Hipotalamus mengirimkan sinyal ke berbagai organ, salah satunya bagian medula kelenjar Adrenal; (4) Adrenalin dilepaskan ke dalam aliran darah; (5) Adrenalin memengaruhi banyak organ: jantung berdetak lebih kencang, napas lebih cepet, glikogen (cadangan gula di hati) dipecah jadi glukosa, tensi meninggi, dsb.; (6) yang keseluruhannya membuat si kantuk ilang.

Berita baiknya, kalo pengen ngerasain Adrenaline Rush, nggak perlu jadi dokter jaga di IGD kok.

Dikejar anjing atau ngelamar anak orang, semuanya sama-sama bisa ngasih sensasi yang serupa.

Tinggal pilih aja dah. Mau ngelamar, apa dikejar anjing? Eyyaaa…

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply