Apa Penyakit Mengerikan yang Pernah Saya Ketahui?

Segmen ini diambil dari jawaban-jawaban saya (Krisna Adhi) di id.quora.com. Dengan pertanyaan asli: “Apa penyakit mengerikan yang pernah kamu dengar?”

Silakan ajukan pertanyaan kalian dengan bergabung di id.quora.com.


Dari pengalaman saya menjadi dokter sejak tahun 2008, ada satu penyakit tak mematikan, namun ia bisa membuat si penderita kehilangan segala yang ia miliki.

Indonesia Sebagai Salah Satu Negara Dengan Beban Kusta Terbesar

Berita buruknya, kasus ini banyak dijumpai di Indonesia, malah kita memiliki penderita terbanyak ketiga di dunia setelah India dan Brazil.

Nama penyakitnya adalah Lepra atau Kusta.

 

cacat tingkat dua kusta

Jari-jari tangan yang cacat pada penyandang kusta

Penyakit ini menyerang kulit dan jaringan saraf tepi. Membuat penderitanya berisiko mengalami kecacatan permanen yang nampak, misalnya kaki Semper, kehilangan jari-jari tangan karena amputasi maupun proses lain.

Apa yang mengerikan dari Kusta ini?

Saya pernah memiliki seorang pasien, lelaki di pertengahan usia 30 tahun yang seharusnya sedang dalam usia emas untuk bekerja.

Ia saat itu memiliki seorang istri dan satu anak.

Pertama kali datang, ia memiliki luka di kedua telapak kakinya.

Luka itu begitu buruk hingga nyaris seluruh kulit di telapak kakinya hilang.

kecacatan kusta tingkat dua

Luka pada telapak kaki penyandang kusta

Bila berjalan, ia selalu mengenakan sandal jepit, dan cairan tubuhnya beserta dengan (maaf) darah dan nanah akan ikut keluar. Meninggalkan jejak di atas lantai.

Kami sudah menangani semampu yang kami lakukan, dan sudah berupaya merujuknya ke rumah sakit khusus Kusta di Jawa Tengah.

Sayang ia menolak tindakan dari RS, dan akhirnya memilih pulang paksa. Setahu saya ia direncanakan untuk dilakukan amputasi setinggi kedua sendi kaki, dan direncanakan akan dipasang protesa (kaki buatan).

Masalahnya Bukan Cuma pada Kustanya

Apa yang lebih membuat hati saya teriris, lelaki itu karena sakitnya kehilangan pekerjaannya, keluarganya pun akhirnya berpisah rumah.

Menderita sakit kronis, tanpa pekerjaan, dijauhi oleh orang lain, dan itu bisa berlangsung seumur hidupnya.

Tanpa pengobatan yang baik, cacatnya tak akan membaik dengan sendirinya, malah akan berpotensi bertambah.

Sampai dengan saya meninggalkan tempat kerja itu, saya masih belum bisa membujuknya untuk kembali ke RS Khusus Kusta tersebut.

Semoga saja ia diberikan yang terbaik.

Kusta Bisa Disembuhkan

Tambahan: Kusta bisa disembuhkan, dengan pengobatan teratur, amat sangat jarang dijumpai kasus Kusta yang kambuh. Tujuan utama dalam pengobatan Kusta adalah menemukan penderita sedini mungkin, dan meminimalisir kecacatan yang terjadi.

Kesulitannya adalah, penderita penyakit ini cenderung merahasiakan sakitnya, karena masih kuatnya stigma di masyarakat, bahwa kusta ini adalah merupakan penyakit kutukan. Padahal kusta sama seperti halnya penyakit infeksi lain, ia menular.

Malah pada kasus Kusta ini, penularan sebetulnya sangat sulit terjadi. Maka tidak seharusnya kita menjauhi mereka yang menderita.

Belum lagi bicara soal kecacatan Kusta yang terjadi permanen, sehingga menyebabkan si penderita tetap “ditakuti” orang lain meskipun ia sudah sembuh dari kustanya, dan sudah tidak akan menulari lagi.

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply