banner 728x90

Alternatif Kartu Kredit, JENIUS Beneran Pinternya!

banner 468x60

Manusia Tanpa Kartu Kredit

Kartu Jenius Tampak Belakang

Sebelum era kartu Jenius muncul, kalau bicara tentang kartu kredit, saya mungkin boleh disebut sebagai salah satu dari kalangan manusia gaptek yang belum pernah sekalipun memiliki kartu sakti itu. Jadi kalau teman-teman kumpul dan pada membahas kartu kredit, saya paling cuma diem aja di pojokan. Kadang sambil cengar-cengir sendiri. Lumayanlah, nggak sampai ketawa sendiri sih. Belum separah itu.

banner 300x250

Bukannya sok tajir. Tapi dulu, saat masih di masa-masa susah, rasanya kurang pede mau mengajukan kartu kredit. Disamping takut sama mitos-mitos menyeramkan (ya saya tahu nggak semuanya benar), sejujurnya saya lebih takut nggak bisa bayar tagihan. Hehe.

Kehidupan Paska Terjun ke Dunia Blog dan Vlog

Tahun berlalu. Kehidupan berkembang. Kesulitan satu demi satu pergi dan datang lagi. Pemahaman juga berubah.

Alhasil setelah berkutat di dunia kerja selama 11 tahun, saya memiliki sebuah kartu. Bukan kartu kredit, tapi Jenius, yang saya sebut sebagai alternatif kartu kredit dari BTPN.

Belajar Membeli Aplikasi Resmi

Paska nyemplung di jagat vlog dan blog. Saya menyadari bahwa kartu kredit juga ternyata diperlukan, dalam sudut pandang saya, yaitu dalam keperluan membeli aplikasi. Ya, dulu memang ada masanya saya masih mengandalkan aplikasi bajakan. Yang sampai sekarang ternyata masih beredar di pasaran. Tapi kini, saya mulai belajar membeli aplikasi dari tempat yang resmi.

Lagi-lagi bukan karena belagak jadi sultan. Tapi ya semacam tanggung jawab moral aja. Kita sama-sama nyari makan di jagat maya. Kenapa nggak saling bantu. Begitu aja pesan dari paman malam ini. Minimal kalo yang terjangkau, diupayakan beli yang resmi. Kalau ada yang aplikasi gratisan ya coba yang gratis dulu dong. Asas manfaat paman!

Perkenalan Dengan Kartu Jenius

Jadi paska kepindahan dari kota Pagar Alam yang dingin. Saya mendapat informasi tentang kartu Jenius dari sahabat saya, pemilik GoTickets.com (silakan langganan beli tiket disini). Katanya ada kartu pengganti kartu kredit, namanya Jenius.

Tidak Perlu Datang ke Bank

Dengan iming-iming proses yang mudah, bahkan tanpa harus hadir ke bank (ini yang paman suka), konfirmasi yang semudah video-call dengan petugas bank (sayangnya yang nelpon waktu itu cowok, mohon jangan tersinggung ya mas, saya jujur mengharapkan cewek yang nelpon saat itu), dan berbagai kemudahan pembelian laksana kartu kredit, saya langsung kepincut.

Konfirmasi Cukup Lewat Video-Call

Di sela-sela kerja saya unduh aplikasinya. Dan boom! Ditelpon sama masnya nggak pake lama.

Prosesnya mudah, cukup sediakan KTP, NPWP, sama ponsel yang bisa dipakai video-call. Sebagai tambahan, saya harus tegaskan, nggak ada fitur untuk memilih siapa yang menelpon. Jadi para cowok-cowok jangan terlalu berharap dapet kenalan baru, karena video-call ini cuma untuk verifikasi pengguna dan KTP, bukan ajang cari jodoh, jadi nggak usah mikir kejauhan.

Kartu Jenius Itu Datang

Dalam minggu yang sama, pihak BTPN juga mengirimkan kartu ke kediaman saya. Dan proses aktivasi kartunya juga cukup lewat aplikasi di ponsel saja. Sama sekali nggak datang ke bank BTPN.

Kartunya berwarna oranye, yang sebetulnya berupa kartu debit, namun bisa dipakai juga untuk transaksi bagaikan kartu kredit di App Store (yah, kebutuhan saya sementara cuma untuk itu aja sih).

Kartu Jenius

Lihat Ada Penggarisnya kan?

Di bagian atas kartunya ada semacam penggaris yang bisa dipakai mengukur! Wow, ini mind-blowing banget, dari 15 kartu di dompet saya, nggak ada yang punya fitur begini! Sebagai senior mereka harusnya malu ya. Kenapa nggak ada yang bisa dipakai jadi pisau, gunting, atau tusuk gigi? Kartu apa pisau Victorinox. Haha..

Mendaftarkan Kartu Jenius di App Store

Proses pendaftaran untuk di App Store juga mudah. Cukup klik di Add Payment, lalu isi nomor kartu, bulan dan tahun berlaku, dan nomor CVV yang ada di balik kartu Jenius.

Cara Mendaftar di App Store

Pilih View Information

 

Cara Daftar Jenius App Store

Pilih Manage Payments

 

Cara Daftar Jenius di App Store

Pilih Add Payment

 

Cara Daftar Jenius di App Store

Isi Nomor Kartu Jenius, Nomor CVV (di balik kartu), dan Masa Berlaku Kartu

Dan proses selesai. Pembelian aplikasi nantinya akan memotong saldo yang ada di tabungan. Melalui aplikasi Jenius juga, proses transfer jadi lebih mudah. Apalagi bagi sesama pengguna Jenius.

Mengisi kartu Jenius juga prosesnya hampir sama dengan transfer ke dompet elektronik lain macam G*pay, Ov*, atau L*nk Aja.

Jenius, Kartu Debit Fasilitas Kartu Kredit

Jadi kesimpulan paman. Untuk rekan-rekan yang membutuhkan kartu kredit tanpa ingin memiliki kartu kredit, eh tunggu, kalimat saya membingungkan ya.

Bagi rekan-rekan yang menginginkan kartu debit dengan fitur kartu kredit, boleh coba migrasi ke Jenius. Apalagi, pencairan dana dari AdSense juga bisa dilakukan via Jenius. Jadi bagi sesama pencari receh dari Google, boleh sama-sama kita gunakan Jenius.

banner 468x60
Tags:
author

Author: 

One Response

  1. Korin Design ClickPack Anti-Theft: Pemakaian 1 Bulan - TheWalkingDoctor1 week ago

    […] berikan pada produk Korin Design kali ini. Seperti yang teman-teman tahu, saya boleh jadi termasuk makhluk purba kalau menyangkut perkara barang […]

    Reply

Leave a Reply