banner 728x90

Curup Tujuh Kenangan: Air Terjun Indah Pagar Alam

banner 468x60

Curup-curup di Gunung Gare

Curup Tujuh Kenangan adalah satu dari lima air terjun di sekitar komplek wisata Gunung Gare. Yang menurut kami merupakan curup yang terindah di kelimanya.

Lokasi air terjun ini berada satu jalur dengan taman wisata Dempo Park, Curup Embun, dan Curup Mangkok.

banner 300x250

SAKSIKAN JUGA VIDEO PERJALANAN KAMI DI CURUP TUJUH KENANGAN DISINI!

Curup dengan Akses Termudah

Dari pusat kota Pagar Alam, menempuh perjalanan dengan kendaraan roda empat cukup selama 30 menit saja. Kondisi jalan terbilang baik, beraspal dan memiliki 2 jalur yang terpisah untuk menanjak maupun menurun, meski ada beberapa titik kerusakan.

Rumah Akar di Curup Tujuh Kenangan

Rumah Akar Pagar Alam

Rumah Akar di Halaman Curup

Setibanya di parkiran, pengunjung disambut oleh rumah pohon yang berhias batang-batang pohon kopi, yang melekuk-lekuk menyerupai akar pepohonan.

Tarif masuknya hanya Rp10.000,00 per motor dan Rp30.000,00 per mobil. Harga sudah termasuk pengunjung.

Uang ini dibayar pada saat masuk di sebuah warung. Selain membayar tiket masuk, kita juga bisa membeli minuman atau panganan ringan untuk bekal di jalan.

Mendaki Bukit Menuju Air Terjun

Curup Tujuh Kenangan sendiri berlokasi di balik bukit. Perjalanan berlanjut dengan berjalan kaki sekitar 20 menit melewati jalan setapak.

Meski jalan setapak ini belum dibuat secara permanen, namun keadaannya cukup memadai, dan tak menyulitkan pendakian.

Hati-hati saat hujan turun, karena jalanan yang sebagian besar berupa tanah ini akan licin untuk dilalui.

Pemandangan Menuju Kota Pagar Alam

Pemandangan Curup Gunung Gare

Bunga Kecubung di Tujuh Kenangan

Sepanjang jalan menuju lokasi air terjun, pengunjung akan dihibur oleh pemandangan indah ke arah kota Pagar Alam yang dilihat dari ketinggian. Pada cuaca cerah, kita juga bisa melihat jejeran pegunungan yang menyusun Bukit Barisan.

Adapun di sisi kanan dan kiri, terdapat kebun kopi dan kebun sayur milik penduduk sekitar.

Sungai Berair Jernih di Curup Tujuh Kenangan

Sungai Kecil Curup Tujuh Kenangan

Sungai Kecil Berair Jernih

Pengunjung masih akan menuruni sebuah lembah, sebelum akhirnya mulai terdengar suara gemericik air mengalir.

Seperti halnya curup lain di Pagar Alam dan Lahat, air di curup ini jernih dan dingin. Hal yang jarang ditemui di kota-kota besar saat ini. Air itu berjalan melalui sungai kecil berbatu yang terus mengalir ke hilir.

Kupu-kupu di Kaki Air Terjun

Keunikan curup Tujuh Kenangan ini dibandingkan curup lain yang dimiliki Lahat maupun Pagar Alam adalah keberadaan kupu-kupu beraneka ukuran, yang hidup di sekitar curup ini. Sekilas mengingatkan kami akan air terjun Bantimurung di Sulawesi Selatan.

Curup Wisata Idola Akhir Pekan

Karena lokasinya yang relatif mudah dijangkau, curup Tujuh Kenangan cukup ramai dikunjungi wisatawan, utamanya pada akhir pekan.

curup tujuh kenangan

Kolam Berair Jernih di Dasar Curup

Curup Tujuh Kenangan sendiri berbentuk undak-undakan batu yang memiliki beberapa cerukan di tingkatannya. Cerukan itu terhubung dengan cerukan di atasnya dengan batuan yang berbentuk melengkung, menyerupai sebuah seluncur raksasa.

Sedangkan di bagian tertingginya, curup ini memiliki ketinggian belasan meter.

Suasana sekitar curup ini masih asri. Dengan rindangnya pepohonan dan kupu-kupu yang terbang hilir mudik.

Sampah yang Tak Terurus

Sayangnya, di beberapa sudut, sampah sisa pembungkus makanan dibiarkan tergeletak begitu saja. Beberapa sarana yang tersedia bagi pengunjung, yakni ruang ganti juga dalam keadaan yang kurang terurus.

Curup Tujuh Kenangan Sebagai Potensi Wisata Terbesar

Di sekitar curup juga tak terdapat penjaja makanan atau minuman, kecuali di pintu masuk curup dekat areal parkiran kendaraan. Jadi siapkan perbekalan yang cukup sebelum anda berkunjung. Jangan lupa untuk memungut kembali sampah anda untuk dibuang pada tempatnya.

Padahal, menilai kemolekan curup ini, akses yang tidak sulit, dan lokasi yang cukup strategis. Curup ini memiliki potensi wisata yang besar untuk di lingkup kota Pagar Alam.

 

banner 468x60
author

Author: 

Leave a Reply