Wisata Pagar Alam: Panduan 2019

0
24094
Wisata Pagar Alam 2019
Pemandangan kebun teh dari tugu rimau

Duapuluh empat jam wisata di Pagar alam, memangnya dapat apa?

Pertanyaan ini gampang-gampang susah dijawab, karena saking banyak objek menarik yang harus dikunjungi. Namun bila memang anda hanya punya 2 hari untuk berlibur di akhir pekan. Ini pilihan terbaik yang bisa Pagar Alam tawarkan.

Versi video dari tulisan ini silakan simak Wisata Pagar Alam 2019 di channel Youtube kami.

Sunrise di Tengah Kebun Teh

Pukul 05.40 WIB

Jika kita bisa bangun sepagi mungkin, maka tidak ada yang lebih baik daripada menikmati matahari terbit di kebun teh. Kombinasi yang luarbiasa dari udara yang teramat segar, heningnya pagi hari di kebun teh, dan hamparan permadani hijau yang perlahan bercahaya kuning keemasan seiring munculnya matahari di ufuk timur.

Sunrise Kebun Teh
Menikmati Matahari Terbit

Bergerak Menuju Tugu Rimau

Kemudian kita beranjak menuju Tugu Rimau.

Menaiki kendaraan roda dua memang menyenangkan, melalui jalanan berliku menanjak yang menantang. Namun siap-siap dengan hawa dingin yang menusuk. Karena suhu pagi disini bisa sedingin 16 derajat Celcius!

Siapkan jaket dan termos minuman hangat ya.

Menikmati Wisata Pagar Alam dari Ketinggian 

06.30WIB

Di bawah pukul 8 pagi. Matahari belum terlalu terik, tempat ini sangat indah dan salah satu yang terbaik untuk berburu foto di pagar alam.

Artikel lengkap mengenai Tugu Rimau dapat anda baca disini.

Hamparan hijau kebun teh yang menguning karena sinar matahari. Menikmati suasana hening di ketinggian. Serta jalanan berliku di bawah puncak rimau, adalah beberapa dari kenikmatan yang bisa anda dapatkan disini.

Jangan kuatir untuk kedinginan, karena anda bisa memesan semangkuk mie instan panas di warung terdekat.

Berjalan-jalan di Kebun Teh

Pemetik Teh Gunung Gare
Para Pemetik Teh Sedang Beraksi

Pilihan selanjutnya adalah berjalan-jalan di kawasan kebun teh. Sekitar pukul 07.30 para pemetik teh akan mulai beraksi. Biasanya sebuah truk bak terbuka akan mengangkut para pemetik daun teh.

Setibanya di lokasi yang ditentukan, para pemetik teh yang seluruhnya adalah perempuan segera menyebar. Jjari-jemari para ibu yang lincah memilih pucuk daun teh menjadi momen yang tak kalah unik untuk diabadikan. Sementara para pekerja pria berkeliling untuk melakukan penyemprotan.

Sejenak Melarikan Diri Ke Kampung Empat

Alternatif yang bisa anda kunjungi selain Tugu Rimau adalah Kampung Empat. Sebuah desa berpenghuni para pekerja kebun teh. Saat ini hanya tersisa belasan kepala keluarga saja di kampung yang memesona ini. Karena paska penutupan jalur pendakian Gunung Dempo, jumlah pengunjung kampung ini juga merosot. Sebagaimana diketahui, Kampung Empat juga merupakan titik awal pendakian menuju Gunung Dempo.

Banyak lokasi cantik di tempat ini yang sering diabadikan dalam foto-foto para pendaki. Lokasi ini juga seringkali dijadikan areal berkemah.

Menjadikan Kampung Empat sungguh tempat yang ideal untuk melarikan diri sejenak dari hingar-bingar kehidupan.

Berburu Foto di Kawasan Wisata Tangga 2001

08.30WIB

Tangga 2001 Wisata Pagar Alam
Anak Tangga yang Berundak Naik

Kita turun ke kawasan tangga 2001. Suatu kawasan wisata di Pagar Alam terpadu dengan vila dan areal outbond training. Pemandangan di lokasi ini tak kalah menakjubkan, dengan latar belakang megahnya gunung Dempo.

Artikel lengkap mengenai Tangga 2001 dapat anda baca disini.

Tangga 2001 sendiri adalah bangunan berupa susunan tangga berundak naik dengan kemiringan yang rendah. Tempat wisata ini bersih dan cukup tertata dengan apik.

Saksikan juga video Tangga 2001 di channel Youtube kami.

Vila-Vila di Seputar Kebun Teh

Anak tangga ini berawal dari vila Gunung Gare, dan berakhir di sebuah lapangan luas di puncaknya. Yang memberikan kita pandangan langsung ke Gunung Dempo.

Vila Gunung Gare sendiri adalah nama sebuah penginapan yang berlokasi di Pagar Alam.

Di kawasan wisata ini terdapat beberapa vila yang bisa dipilih untuk alternatif penginapan anda. Antara lain adalah:

Vila Seganti Setungguan

Vila Seganti Setungguan
Bagian Dalam Kamar Vila Seganti Setungguan

Vila Besemah

Vila Besemah
Bagian Dalam Kamar Vila Besemah

Vila Putri Sriwijaya

Kamar Vila Putri Sriwijaya
Bagian Dalam Kamar Vila Putri Sriwijaya

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai tarif menginap di vila dan fasilitasnya, silakan tulis pertanyaan anda di kolom komentar ya.

Menikmati Taman Bunga di Dempo Park

09.30WIB

Dempo Park Sumsel
Taman Bunga Matahari Dempo Park

Perjalanan kita berlanjut menuruni kawasan Gunung Gare. Kita berhenti di taman tertinggi di Sumsel. Yaitu Dempo park.

Artikel lengkap mengenai Dempo Park dapat anda baca disini.

Menyandang titel sebagai daerah dataran tinggi membuat sebagian besar kawasan wisata di Pagar Alam juga cocok ditumbuhi berbagai jenis bunga. Selain dari taman bunga matahari, ada juga kumpulan bunga tasbih berwarna-warni di dekat aula besar.

Bunga kecubung sebagai ikon kota, yang diabadikan dalam bentuk tugu.

Tak ketinggalan juga bunga krisan beragam warna. Bunga Tunbergia yang merambat, serta beraneka Bugenvil aneka warna.

Tugu Dempo Park
Pemandangan dari Dempo Park

Outbond di Dempo Park

Selain dari lokasi wisata. Dalam beberapa kesempatan, taman di ketinggian ini juga menggelar kegiatan outbond. Arealnya yang cukup luas dan konturnya yang berbukit bukit membuatnya menjadi pilihan alternatif yang menarik untuk outbond.

Berendam di Curup Mangkok

10.30WIB

Curup Mangkok
Curup Mangkok Pagar Alam

Menyebrang dari Dempo Park, kita akan jumpai curup mangkok. Yaitu sebuah air terjun dengan bagian bawah berupa batuan raksasa berceruk menyerupai sebuah mangkok.

Siapkan pakaian ekstra bila anda ingin berenang ya. Dan anda harus siap-siap ya, karena air disini sangat dingin.

Wisata ke Curup Lain di Pagar Alam 

Tak jauh dari curup mangkok, terdapat juga curup Tujuh Kenangan dan curup Embun.

Namun untuk mencapai keduanya, dibutuhkan usaha ekstra yakni berjalan kaki masing-masing sekitar 30 menit dari tempat parker menuju lokasi air terjun. Jadi bila waktu anda terbatas, sebaiknya pilih satu saja dari ketiganya ya untuk dikunjungi.

Wisata Pagar Alam Curup 7 Kenangan
Sebuah Kolam Alami di Curup Tujuh Kenangan

Mengunjungi Kebun Salak Pondoh

Salak Pondoh Pagar Alam
Salak Pondoh yang Siap Dipanen

Tak jauh dari Dempo Park kita akan menjumpai beberapa kios penjaja salak pondoh, banyak yang tidak mengetahui, kebun salak pondoh ini beberapa terletak persis di belakang lapak penjaja salak.

Saksikan juga video Kebun Salak Pondoh ini di channel Youtube kami.

Bila anda ingin mampir, anda bisa meminta izin untuk masuk ke dalam kebun salak. Bahkan anda bisa memetik sendiri salak yang kita inginkan di dalam.

Wisata Purbakala di Tegur Wangi

11.30WIB

Tegur Wangi Pagar Alam
Situs Purbakala Tegur Wangi

Menjelang siang, kita beranjak ke arah timur dari kota Pagar Alam. Disini ada situs megalitik yang besar bernama situs Tegur Wangi.

Kota Pagar Alam memiliki 60-an situs purbakala. Dengan situs Tegur wangi merupakan yang terbesar.

Video detail Tegur Wangi bisa anda lihat disini.

Lokasinya mudah dijangkau oleh kendaraan. Selain dari pahatan batu, di situs ini juga terdapat sebuah kuburan batu purbakala.

Selain dari Tegur Wangi, masih banyak lagi situs peninggalan nenek moyang di kota tua ini. Anda perlu meluangkan waktu lebih untuk mengunjunginya. Karena lokasinya tersebar di penjuru kota hingga ke kabupaten Lahat. Antara lain situs Rindu Hati, Tanjung Raja serta Komplek Megalitikum Tinggi Hari I, II, dan III.

Green Paradise, eco- Wisata Pagar Alam

13.00WIB

Kolam Ikan Green Paradise
Sebuah Kolam Ikan di Green Paradise

Untuk beristirahat siang, kami memilih Green Paradise sebagai lokasi berikutnya. Tempat ini tak jauh dari Tegur Wangi, kawasan eco wisata di Pagar Alam ini juga memiliki banyak fasilitas umum seperti kamar mandi dan sebuah musola.

Tak ketinggalan warung yang menjajakan makanan minuman bagi pengunjung.

Video perjalanan kami di Green Paradise bisa anda lihat disini.

Banyak titik yang indah untuk berfoto. Di antaranya sebuah air terjun mini dan kolam penuh dengan ikan mas beraneka warna.

Pemandangan Green Paradise
Memberi Makan Ikan di Green Paradise

Kawasan ini juga rindang oleh pepohonan di sekelilingnya. Sehingga kedatangan kita di tengah hari takkan menjadi kendala berarti.

Gemericik air dari air terjun mini, ikan-ikan besar yang hilir mudik dan berebut makanan tentu menjadi hiburan tersendiri. Anak-anak anda akan menyukai berada disini.

Begitupun pegiat fotografi anda mungkin akan betah berlama-lama.

Memetik Jeruk di Kebun Jeruk Gergah

15.00WIB

Jeruk Gergah Pagar Alam
Memetik Sendiri Jeruk di Pohonnya

Selesai makan siang dan beristirahat sejenak, alternatif wisata yang dapat anda pilih selanjutnya adalah mengunjungi perkebunan jeruk Gergah.

Lokasinya tak jauh dari Green Paradise. Kendaraan akan melaju ke arah Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat. Di daerah ini ada beberapa kebun jeruk yang dikelola warga setempat.

Simak juga video perjalanan kami di Kebun Jeruk Gergah.

Jeruk Gergah adalah sejenis jeruk keprok berukuran besar. Rasanya manis asam. Segar dinikmati siang hari atau pada cuaca panas.

Harga per kilo dari jeruk ini bervariasi mulai Rp20.000 – 30.000 per kilogramnya.

Curup Pintu Langit

Curup Pintu Langit
Pemandangan di Curup Pintu Langit

Atau bila anda masih penasaran dengan curup, di dekat Green Paradise juga terdapat sebuah curup yang cukup tinggi. Namanya curup Pintu Langit.

Jalan menuju curup ini beraspal mulus. Dan dari areal parkiran menuju curup telah tersedia tangga permanen. Meski demikian, curup ini tidaklah ramai pengunjung.

Rute jalan menuju Pintu Langit bisa anda saksikan disini.

Curup ini merupakan satu-satunya curup di Kota Pagar Alam yang dikelola oleh pemerintah kota. Adapun air terjun lain masih merupakan milik perorangan warga lokal Pagar Alam.

Memancing di Tebat Geban

16.30WIB

Danau Pagar Alam
Suatu Senja di Tebat Geban

Sore hari kita kembali menuju pusat Kota Pagar Alam, ada dua alternatif kunjungan, yakni Tebat Geban, sebuah danau alamiah di kota Pagar Alam.

Luas danau ini sekitar 3 hektar, dengan kedalaman bervariasi. Pada titik terdalamnya konon mencapai 12 meter. Tebat – dalam bahasa lokal artinya danau – ini merupakan lokasi favorit bagi para pemancing di sore hari. Pada beberapa kesempatan juga daerah tepian danau dimanfaatkan untuk berkemah.

Wisata Budaya di Pelang Kenidai Pagar Alam

Pelang Kenidai
Beberapa Nyai Menyanyikan Lagu Tradisional

Alternatif lain adalah berkunjung ke Desa Pelang Kenidai. Desa ini disebut sebagai perkampungan pertama di Pagar Alam. Banyak rumah-rumah kuno dari kayu yang disebut sebagai rumah baghi berusia lebih dari 300 tahun.

Selain dari rumah, desa ini juga masih mempertahankan tradisi turun temurun dalam kegiatan sehari-harinya. Anda juga dapat menyaksikan musik tradisional rejung, serta tarian tradisional yang ditarikan warga lokal.

Pelang Kenidai Wisata Pagar Alam
Rumah Kayu di Pelang Kenidai

Puas mengitari Pagar Alam seharian? Tunggu dulu. Selain elok pada siang hari. Pagar Alam juga memiliki pesona di malam hari.

Wisata Malam Hari di Pagar Alam

Kita bisa berkunjung kembali ke kawasan wisata Gunung Gare. Dimana terdapat beberapa kafe yang menyajikan pemandangan ke arah kota Pagar Alam. Salah satu yang kami tampilkan disini adalah d’Light café. Yang berlokasi di vila MTQ.

Pada keadaan cerah, kafe ini menjadi salah satu tujuan para muda mudi pagar alam dan sekitarnya untuk menghabiskan malam.

Jalur Perjalanan Menuju Wisata Pagar Alam

Tanpa terasa 24 jam telah berlalu. Dan waktu pulang sudah menjelang.

Bila anda melalui jalan darat, jangan lewatkan juga titik menarik di likuan Endikat yang terkenal kejam.

Artikel lengkap mengenai cara menuju Pagar Alam dapat anda baca disini.

Jalur Wisata Pagar Alam
Likuan Endikat yang Terkenal Itu

Kejam karena disini ada kombinasi jalanan menanjak yang panjang disusul dengan tikungan tusuk konde. Bila beruntung, anda bisa menyaksikan kepiawaian para pengemudi kendaraan besar melalui tikungan ini. Tentu tetap harus berhati-hati ya.

Jalur udara wisata pagar alam
Pemandangan Sebuah Curup dari Ketinggian

Penerbangan ke Pagar Alam

Apabila anda memilih perjalanan udara. Pagar Alam memiliki hanya satu penerbangan dari dan ke Palembang. Dilayani setiap hari, hanya satu kali.

Penerbangan dari Pagar Alam adalah pukul 11 siang. Dan tiba 40 menit kemudian di Palembang. Sedangkan penerbangan dari Palembang berangkat pukul 10.00 WIB.

Tarif menuju Pagar Alam adalah sekitar 500 ribu rupiah per orang. Belum termasuk bagasi. Pesawat yang digunakan adalah dari jenis ATR oleh maskapai Wings Air.

Kami Menunggu Komentar Anda

Sekian liputan perjalanan kami kali ini, menghabiskan 24 jam di Pagar Alam. Tentunya masih banyak lagi lokasi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Atau bila anda memiliki lokasi favorit, silakan tambahkan di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa subscribe channel YouTube kami untuk video lain yang tak kalah menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here