Green Canyon Lahat: Miniatur Grand Canyon

Green Canyon Pulau Pinang

Selain dari curup atau air terjun, kabupaten Lahat juga memiliki Green Canyon Lahat, berupa daerah wisata sungai yang tak kalah memesona. Lokasinya berada di kecamatan Pulau Pinang.

Berjarak sekitar 1 jam perjalanan saja dari pusat kota Lahat, atau 1,5 jam perjalanan dari kota Pagar Alam, objek wisata ini merupakan alternatif yang menarik untuk dikunjungi.

Saksikan juga video perjalanan kami di Green Canyon disini.

Jalanan Rusak dan Sempit Menuju Lokasi

Perjalanan darat menelusuri jalan menuju kota Pagar Alam via jalur Endikat. Setelah mencapai kecamatan Pulau Pinang, akan ada papan penanda ke arah Komplek Megalitikum Tinggi Hari I, II, dan III.

Disini kendaraan berbelok, menyusuri jalan yang sempit, menanjak dan rusak.

Jalanan rusak berat pada beberapa titik menuju Green Canyon, kendaraan kami berjalan dengan amat pelan karena nyaris tidak ada aspal yang tersisa untuk dipijak. Hehe.

Lebih Baik Bermotor

Karenanya kami menyarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua alih-alih roda empat untuk menuju ke Green Canyon. Selain kondisi jalanan yang rusak parah, pada beberapa lokasi, jalanan tidak memungkinkan dilalui dua kendaraan apabila berpapasan.

Meski demikian, pemandangan sepanjang jalan cukup menghibur. Deretan hijau pegunungan dan lembah menemani sepanjang perjalanan.

Green Canyon dan Curup Panjang

Pintu Masuk dari Jalan Utama

Setelah 30 menit yang menegangkan, kita akan menjumpai lokasi parkir Green Canyon. Tidak besar memang, hanya cukup menampung 5-6 kendaraan roda empat saja.

Beberapa pemuda lokal akan berjaga di lokasi parkiran ini dan dengan senang hati memandu para pengunjung yang datang.

Adapun kendaraan roda dua dapat melanjutkan perjalanan menuju areal parkir yang lebih dekat dengan Green Canyon. Itu keuntungan lain menggunakan kendaraan roda dua.

Fasilitas Umum yang Tersedia

Tarif parkir di Green Canyon adalah Rp30.000,00 untuk kendaraan roda empat, dan Rp10.000,00 untuk roda dua. Adapun tarif masuk menuju lokasi per orang adalah Rp5.000,00.

Perjalanan pun berlanjut dengan berjalan kaki sekitar 15 menit menaiki bukit. Jalan setapak sudah berupa jalan semen dengan lebar sekitar 1,5 meter.

Perkebunan Kopi Robusta

Pemandangan di kanan dan kiri jalan setapak ini adalah perkebunan kopi milik penduduk lokal. Sebagai catatan, Lahat dan Pagar Alam memang dikenal juga dengan produksi kopi Robusta-nya.

Jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh setempat untuk membawa pulang sebungkus kopinya ya.

Pengunjung bisa Memilih: Green Canyon atau Curup Panjang

Dua Obyek Wisata Pulau Pinang

Tak lama berjalan, kita akan menjumpai sebuah persimpangan, disitu ada beberapa pondokan, warung makanan dan minuman, kamar mandi, dan areal parkir motor.

Menariknya, ternyata ada dua objek wisata sekaligus di lokasi ini, yakni Green Canyon dan Curup Panjang. Keduanya berjarak tak sampai 1 km dari pos kedua ini.

Anda bisa saja mengunjungi keduanya jika datang cukup pagi ke lokasi. Dan tentu bila masih kuat berjalan kaki.

Eloknya Green Canyon Lahat

Airnya Jernih dan Segar

Green Canyon sendiri merupakan daerah aliran sungai dengan susunan batu-batu besar di tepiannya. Batuan tersebut berderet dengan panjang kurang lebih 200-250 meter. Mulai dari muara sungai hingga ke bawah jembatan gantung.

Dan bila kita terus menyusuri tepian sungai tersebut, kita akan sampai juga di curup Panjang.

Grand Canyon Mini

Secara ukuran, Green Canyon tentu tidak sebanding dengan saudaranya si raksasa Grand Canyon. Namun kombinasi suasana di sekeliling yang berwarna kehijauan oleh tanaman, batuan besar berwarna kecoklatan, serta birunya air sungai yang mengalir membuat tempat ini pun memiliki pesonanya tersendiri.

Untungnya pula, batu-batuan di tempat ini belum terjamah oleh tangan-tangan usil.

Bagi anda pecinta fotografi, lokasi ini memiliki banyak titik yang cantik untuk latar berfoto. Dari atas jembatan gantung, sepanjang bantaran sungai, dan juga anak-anak yang dengan riang melompat dari ketinggian batu ke dalam sungai.

Jembatan Kayu di Atas Green Canyon

Jembatan Kayu di Atas Green Canyon

Di atas sungai, terbentang sebuah jembatan gantung yang terbuat dari kayu. Pemandangan dari atas sini cukup bagus, meski untuk berfoto dengan latar Green Canyon, sudut fotonya terlalu sempit, dan jarak terlalu jauh, membuatnya terasa kurang ideal.

Kedalaman sungai bervariasi, namun tidak lebih dalam dari 2 meter. Beberapa anak melompat dari atas batu dengan ketinggian 4 meter lebih, menambah semarak suasana siang.

Di beberapa tempat, terdapat juga pondokan kecil yang disediakan untuk pengunjung berteduh dan menaruh barang-barang. Terdapat juga sebuah warung penjaja makanan minuman.

Waktu Kunjungan Ideal

Menyesal Bila Tak Berenang Disini

Secara keseluruhan, lokasi ini menyenangkan untuk dikunjungi. Baik untuk berenang, atau sekadar berfoto.

Waktu yang ideal untuk berkunjung ke Green Canyon Lahat adalah pada pagi hari. Mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB. Mengingat curah hujan disini cukup tinggi terutama pada sore dan malam hari, sedangkan pada siang hari udara akan terlalu panas.

Pengelolaan tempat ini juga cukup baik, bila dibandingkan lokasi wisata lain yang minim fasilitas seperti curup Goa Mata ataupun curup Maung. Hanya saja sangat disayangkan akses jalan yang masih menyulitkan pengunjung untuk bisa hadir kesini.

 

2 thoughts on “Green Canyon Lahat: Miniatur Grand Canyon”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *