banner 728x90

Kemenangan atau Pelajaran

banner 468x60
Yang ada hanya kemenangan atau pelajaran.

Tujuhbelas April 2019.

banner 300x250

Seorang sahabat mengirim pesan singkat sore ini: Rasanya seperti patah hati. Ujarnya singkat. Dan ada banyak pesan senada tampil dalam layar ponsel saya.

Sedikit banyak saya bisa memahami mengapa.

Tapi bagaimanapun pahitnya, hidup harus terus berjalan.
Dan saya rasa kita semua percaya kalau segala yang terjadi di dunia sudah diatur dan merupakan ketentuan dari Yang Maha Kuasa.
Tugas kita manusia, hanya menjalani.

simak juga kami di channel Youtube.

Tahun 1945 adalah tahun yang sering disebut juga sebagai tahun nol – merujuk kepada saat perang dunia kedua berakhir, yang seperti kita tahu, kedua kubu yang berperang sama-sama menderita.

Sekitar 60 juta orang meninggal, dengan 25 juta di antaranya adalah orang Soviet dan sekitar 7,5 juta merupakan orang Jerman.

Banyak kejadian mengerikan terjadi dalam perang. Namun suatu hal yang unik, dari penelitian oleh Dabrowsky – dilakukan tak sampai 1 dekade paska tahun nol – justru menunjukkan para penyintas perang menyatakan diri mereka menjadi lebih baik daripada sebelumnya, menjadi lebih bersyukur, lebih bertanggung jawab, dan bahkan lebih bahagia.

Kehilangan orang yang dicintai, kekalahan, rasa takut, memang menyakitkan. Namun ternyata sebagian besar orang mampu memanfaatkan rasa sakit mereka untuk melejit tinggi setelahnya.
Terkadang seseorang perlu mengalami momen terburuk sebelum bisa mengembangkan ketangguhan emosional, membangun percaya diri, dan pada titik akhirnya menjadi lebih berbahagia.

Dan seperti bisa kita lihat kini, setelah 9 windu berselang, Rusia dan Jerman merupakan negara terkuat nomor 2 dan 4 di dunia. Bahkan berada di atas negara-negara pemenang perang kala itu.


Sahabatku yang baik,
Menurut saya pribadi, kesedihan hari ini tidaklah perlu berlarut-larut. Toh pada kenyataannya kita tidak pernah mendapatkan kekalahan kompetisi apapun.
Karena bagi saya hasil akhir kontestasi apapun itu hanya berujung pada dua hal: kemenangan, atau pelajaran.

Dan keduanya bukanlah suatu kegagalan.

banner 468x60
Rate this article!
Kemenangan atau Pelajaran,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply