Pantai Pasar Bawah Manna: Sunset Terbaik

Pesona Pesisir Barat Bengkulu Selatan

Pantai Pasar Bawah merupakan nama pantai di daerah Manna. Kami sudah lama mendengar kalau kabupaten Manna ini memiliki pantai-pantai yang elok. Kabupaten Manna sendiri berjarak sekitar 4-5 jam perjalanan darat ke arah selatan dari pusat Kota Bengkulu.

Namun ternyata jaraknya hanya sekitar 90-an kilometer dari kota Pagar Alam. Jarak sejauh itu lazim ditempuh dalam sekitar 2,5 jam perjalanan. Menembus jalanan berliku di perbukitan dalam jajaran panjang Bukit Barisan Sumatera bagian Selatan.

Tujuh Pantai di Manna

Dari yang kami baca, setidaknya ada 7 pantai yang berlokasi di pesisir Barat Sumatera. Kabupaten Manna sendiri masuk ke dalam jalur lintas barat Sumatera. Jalanan lintas barat itu akan berlanjut ke selatan, menuju Kabupaten Kaur, hingga Krui di Lampung. Disepanjang jalan itu, jajaran pantai-pantai cantik seolah menunggu untuk dijelajahi.

Saksikan juga penjelajahan kami di Pantai Laguna Samudra di Kabupaten Kaur di kanal Youtube TheWalkingDoctor. 

Menuju Pantai Pasar Bawah

Ada beberapa pantai yang berlokasi di sekitar pusat kabupaten Manna. Salah satu diantaranya adalah pantai Pasar Bawah. Pantai ini merupakan yang terdekat daripada lainnya. Berjarak hanya selemparan batu, tak sampai 1 km, sehingga mudah dicapai dengan moda transportasi apapun.
Pantai ini menghadap ke Barat. Menjadikannya sangat ideal untuk berburu foto sunset.

Saksikan juga pemandangan Pantai Pasar Bawah Manna disini. 

Ombak Besar dari Samudra Hindia

Meski tidak memiliki hamparan pasir pantai yang luas, namun pantai ini jelas memiliki pesonanya tersendiri. Dengan deburan ombaknya yang besar, pantainya berbentuk memanjang dari utara ke selatan, dengan keadaan – yang saat kami datang – tidak terlalu ramai pengunjung, kami terselamatkan dari polusi suara maupun polusi udara.

Fasilitas Pantai Pasar Bawah Relatif Lengkap

Di kawasan bibir pantai sudah tersedia berbagai fasilitas umum dalam keadaan cukup terawat dengan baik.
Terdapat kamar bilas, toilet, musola, warung makan, hingga kantung-kantung parkir yang luas.
Bahkan terdapat sebuah taman bermain tak jauh dari lokasi parkiran.

Pantai Pasar Bawah Sebagai Titik Pemancingan

Selain itu tempat ini juga diramaikan oleh para pegiat memancing, utamanya pada sore dan malam hari. Pada sekitar pukul 5 sore, para pemancing mulai berdatangan membawa gagang pancing yang teramat panjang itu.
Secara umum, kami merasa aman berada di tempat ini. Bahkan hingga setelah matahari tenggelam. Para penduduk juga bersikap sekitar ramah terhadap pengunjung.

Banyak Sampah Kayu

Sayangnya kami datang di tengah musim penghujan, sehingga banyak sampah kayu bertebaran di pantai Pasar Bawah.
Hampir semua sampah disini berupa potongan kayu. Mulai ranting hingga batang pohon besar.
Sampah-sampah tersebut dibawa oleh aliran sungai yang bermuara ke pantai. Yang berasal dari Kawasan hulu sungai.
Manna sendiri memiliki daerah dengan dataran rendah di sekitar pantai dan daerah berdataran tinggi di sebelah timur. Di jajaran pegunungan Bukit Barisan.

Waktu Ideal Berkunjung ke Pantai Pasar Bawah

Waktu yang ideal berkunjung ke pantai ini adalah pada musim kemarau. Sore hari selepas pukul 4 sore. Di kala itu, sinar matahari sudah tidak segarang pada siang hari. Dan pemandangan disini saat matahari tenggelam cukup berharga untuk ditunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *