Tangga 2001 Pagar Alam: Titik Berfoto Terbaik

Tangga 2001 Sebagai Sebuah Monumen

Tangga 2001 merupakan sebuah monumen. Alkisah pada tahun 2001 Kota Pagar Alam terpisah dari Kabupaten Lahat, resmi berdiri menjadi sebuah Kota. Maka untuk mengenang tahun bersejarah itu, komplek wisata di dekat areal perkantoran Gunung Gare ini didirikan. Tepatnya di bagian belakang dari vila Gunung Gare.

Sebetulnya Jumlah Tangganya Tidak Sampai 2001

Lokasi Tangga 2001 yang Sangat Ikonik.

Banyak foto-foto beredar di media sosial yang diambil dengan latar Kawasan Gunung Gare. Di antaranya adalah titik foto di bawah ini:

Vila Gunung Gare dengan Latar Gunung Dempo

Tidak sulit untuk menuju lokasi, dari pusat kota Pagar Alam jarak tempuh hanya sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Ambil arah menuju perkantoran Gunung Gare dari Kota Pagaralam. Setibanya di gerbang Kawasan Wisata Gunung Dempo, ikuti jalan menuju perkantoran. Jalanan akan terus menanjak. Dan di puncak dari tanjakan itu Vila Gunung Gare berada.

Sejuknya Hawa Pegunungan

Kami menyarankan untuk membawa jaket bila bepergian ke sini. Karena suhu pagi hari di kawasan ini berkisar antara 17-21 derajat Celcius. Dengan ketinggian sekitar 1.200-1.400 meter di atas permukaan air laut.

Saat tiba, kita akan segera disambut dengan pemandangan hijau hamparan luas kebun teh. Dan latar belakang gunung Dempo di sisi Barat.

Gunung Dempo dari Kejauhan

Kawasan yang Ramai di Akhir Pekan

Tangga 2001 ini merupakan susunan tangga menanjak dengan elevasi ringan. Dengan arah memanjang dari timur ke barat. Sehingga pagi hari merupakan saat yang ideal untuk berburu foto indah di Tangga 2001.

Di atas waktu itu, matahari sudah terlalu tinggi. Sehingga mengambil foto tidak lagi ideal. Sedangkan pada sore hari hujan sering turun. Dan kabut akan menutupi pemandangan menuju Gunung Gare.

Adapun biaya masuk terbilang murah. Dan areal parkir yang tersedia cukup memadai luasnya.

Selain dari pemandangan, juga tersedia wahana permainan seperti flying fox, serta area untuk outbond. Fasilitas umum seperti warung makan, kamar mandi, hingga musola juga tersedia.

Tangga2001PagarAlam

Pintu Masuk Menuju Tangga 2001

Kebersihan Cukup Terjaga

Kebersihan tempat dan keamanan lokasi cukup terjaga. Namun, lokasi indah ini kurang memiliki variasi wisata, selain dari kompleks Tangga 2001 dan pemandangan, tidak banyak pilihan lain bagi wisatawan.

Tidak tersedia restoran yang cukup representatif. Pun tidak tersedia wahana permainan lain untuk anak-anak.

Hal lain, belum tersedia angkutan umum bagi wisatawan. Kami menyarankan untuk menggunakan jasa layanan wisata. Atau menyewa kendaraan. Beberapa hotel dan penginapan di Pagaralam dan Lahat menyediakan pula jasa pengantaran.

Adapun untuk penginapan, di pangkal Tangga 2001 terdapat villa Gunung Gare yang tak kalah indah. Tak jauh dari situ juga terdapat alternatif penginapan lain seperti D’Cabin dan Besh Dempo.

Saksikan video ulasan lengkap tentang Tangga 2001 di kanal Youtube TheWalkingDoctor.

 

Tags:
author

Author: 

One Response

  1. Wisata Pagar Alam: Panduan 2019 - TheWalkingDoctor1 year ago

    […] Artikel lengkap mengenai Tangga 2001 dapat anda baca disini. […]

    Reply

Leave a Reply