banner 728x90

Kisah Kasim di Forbidden City (bagian 4 – selesai)

banner 468x60

forbidden city

banner 300x250

Tulisan mengenai kehidupan para kasim di Forbidden City cini adalah bagian terakhir dari kisah Forbidden City di Beijing. Baca juga kisah pertama hingga ketiganya disini: Bagian 1, bagian 2, bagian 3.

Kehidupan di Forbidden City

Selain para selir permaisuri dan dayang dayangnya, Forbidden city juga dihuni oleh kasim.

Kasim adalah pembantu laki laki yang telah dikebiri. Kasim adalah pria satu satunya yang di perbolehkan memasuki kawasan istana. Mereka bertugas menjaga tempat kediaman para selir raja, permaisuri dan pendamping, yang kesuciannya harus terjaga.

Peran Kasim dalam Suksesi Kaisar Tiongkok

Jika seorang ratu kaisar gagal menghasilkan seorang pewaris takhta, maka anak tertua dari pendamping raja akan meneruskan takhta tersebut.

Dengan demikian kehadiran kasim bertujuan ganda: yakni untuk mengawasi selir-selir kaisar dan para pendampingnya yang seringkali berjumlah ratusan.
Dan juga untuk menjamin bahwa setiap anak yang dilahirkan di dalam lingkungan kerajaan adalah anak kaisar.

Kaisar dari Langit

Di dalam tradisi Tiongkok, seorang kaisar adalah amanat dari Sang Kuasa, yang memberinya hak untuk memerintah dunia dan sebaliknya juga menuntutnya untuk memelihara keseimbangan harmonisasi antara Langit dan Bumi.

Karena dipercaya bahwa amanat yang dikirim oleh Langit ini dapat dicabut jika seorang kaisar memerintah dengan tidak bijaksana dan berperilaku tidak baik.

Maka kehidupan pribadi dari seorang putra langit sangat dilindungi dari masyarakat biasa agar mereka tidak dapat mengamati kekurangan-kekurangan kaisar mereka.

Kisah Seratus Ribu Kasim

“Hanya ’kasim yang bersifat ‘ patuh’, yang bagai budak dengan hidup tergantung kepada kaisar yang dianggap cukup bisa ditakut-takuti untuk menjadi saksi bisu atas segala kekurangan dan kelemahan pribadi kaisar.

Sejarah mencatat, Dinasti Ming memiliki jumlah kasim yang terbanyak sepanjang sejarah dengan mencapai 100 ribu kasim (beberapa menyebutkan 70.000 orang kasim).

Sembilan Puluh Sembilan Menu

Ada satu yang sangat menarik mengenai menu makanan kaisar. Dalam sekali makan disajikan sekitar 99 menu. Wow tidak terbayangkan bukan betapa repotnyanya koki kerajaan saat itu yang harus menyiapkan 99 menu berbeda setiap harinya .

Sekian cerita mengenai kehidupan di dalam Forbidden City.

Jika masih penasaran, tontonlah drama Ruyi Royal Love in the Palace yang menceritakan kehidupan kaisar Qianlong di dalam Forbidden City.

banner 468x60
Tags:
author

Author: 

One Response

  1. Selir Kaisar Tiongkok: Forbidden City (bagian 3) - TheWalkingDoctor5 months ago

    […] (bersambung ke bagian 4) […]

    Reply

Leave a Reply